Tak Terduga: Menang dalam Lomba WebDesign ITS EXPO

Wotsaaah~
Lama nggak ngeblog, niat untuk rajin di waktu lalu terkubur sudah dengan tugas kuliah yang makin lama makin naudzubillah untuk diceritakan bahkan diingat sekalipun. Yep! Mau cerita yang semoga nggak mengurangi tujuan untuk memotivasi kalian juga dalam berkarya. Here we go!

Bulan Februari...
Liburan semester pertama dalam kuliah, sebulan loh! Iya, sebulan. Beda banget sama sekolah yang cuma seminggu. Hehe. Kebetulan ada informasi kalau ITS (kampus sebelah, kampusku PENS) mengadakan acara tahunannya yaitu ITS EXPO yang di dalamnya ada IT Contest. IT Contest sendiri dibagi menjadi tiga divisi yaitu Lomba Web Design, Aplikasi, dan Game Development.
Usut punya usut, teman sekelasku yang tahun lalu jadi juara pas SMA, namanya Yusuf, punya niatan buat merekrut anggota tim dan ikutan Lomba Web Design. Nah, disinilah aku mulai diajak untuk berperan jadi Desainer di dalam tim bersama satu anggota lainnya, Alfiyan.

Dua bulan lamanya kita kerja bareng, ambil konsep dengan tema lingkungan yang lebih mengena dengan keadaan kota Surabaya. Karena tema dari IT Contest sendiri adalah Mahakarya Teknologi Demi Kemajuan Bangsa Indonesia (ini seingatku loh yah, kalau nggak salah, pokoknya intinya gitu, udah, iyain aja :p). Disini, Yusuf lebih banyak berperan, sebagai programmer yang nggak diragukan lagi levelnya (dewa banget braaay~). Aku sendiri yang masih cupu, gambar masih amatiran, sebagai Desainer juga masih banyak belajar dari Yusuf. Sedangkan Alfiyan sebagai Konseptor dalam tim.

Akhirnya waktu untuk pengumpulan prototipe tiba...
Setelah berdoa dan berusaha, akhirnya hari terakhir pengumpulan, tim kami baru ngumpulin, mepet banget! Hehe... :D

Di sela - sela tugas kuliah yang sempat aku jelasin di atas, kita masih berharap dan berdo'a menunggu pengumuman 5 finalis yang akan maju ke babak selanjutnya. Hari itu tiba dan... alhamduillah...

Klik gambar untuk memperbesar

Subhanallah, dari tiap - tiap divisi ada perwakilan dari kampusku, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Lebih bersyukur lagi karena timku, BlueIce_01 masuk juga dalam daftar finalis kategori Web Design. Pengumuman ini aku tahu dari file yang diupload Yusuf di facebook dimana ada komentar dosen yang membimbing kami, mengucapkan selamat dan memberikan kami semangat untuk melanjutkan pengembangan project ini untuk presentasi di tanggal 23 April nantinya. Wow! Pengalaman pertama bagiku! Lima finalis ini lolos dari sekitar 40 hingga 50 tim dari perguruan tinggi yang lain. :)

Klik gambar untuk memperbesar

Presentasipun dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, nomor urut yang kami dapat ketika diundi adalah nomor tiga setelah tim dari UMB 12 dan Kajian Komputer (insyaAllah begitu urutannya seingatku). Ketika presentasi ada rasa deg - degan, tetapi dengan persiapan yang meskipun dadakan dan beberapa kali revisi bahan presentasi (sampe dibela - belain begadang dan Alfiyan sendiri sakit loh!), alhamdulillah kami lancar mempresentasikan karya kami di depan dewan juri. Yuhuuuuu~
Pertanyaan juri yang aku terima dan paling berkesan adalah, "Ini Tugas Akhir yah?". Dengan nada bingung, aku jawab kalau ini project memang untuk lomba ini, bukan Tugas Akhir alias Skripsi. Ada satu lagi pertanyaan dari juri yang sama, "Tim kamu ini ada yang udah tahun ke-empat yah?". Lagi - lagi dengan nada bingung, aku jawab kalau kita semua (tim BlueIce_01) masih maba (mahasiswa baru) tahun 2012 kemarin. Jangankan tahun keempat, UTS Semester dua aja baru besok Senin dimulai. Haha... Ada - ada aja...

Pengumuman pemenang akhirnya dilakukan sekitar pukul 18.00 pada hari itu juga. Dag dig dug...
Dan akhirnya, tim kami dipanggil sebagai Juara 1 kategori Lomba Web Design. Horeeeee!!! Karena lupa mendokumentasi dan pas menuju ke parkiran baru inget, maka akhirnya kita foto - foto narsis dulu. Hehe...
Yusuf, Lailul (aku), Alfiyan
muka udah kucel seharian ngikutin acara ini...
 
Yusuf, Lailul (aku), Alfiyan
poto - poto unyu dulu di depan poster gede, hihi...

Kemarin adalah acara penyerahan piala ketika penutupan acara ITS EXPO dengan bintang tamu D'Cinnamons. Meskipun dapet tiket gratis, tim kami nggak ada yang nonton. Haha, tidurlah sebelum tidur menjadi hal yang langkah. Ini penampakan yang ga begitu jelas...
 Alfiyan ga pake almamater -_-

Info lebih jelas, bisa lihat di akun tumblr ITS EXPO dengan klik disini. Semoga sedikit pengalaman dan cerita ini bisa bermanfaat buat kalian, syukur - syukur bisa jadi inspirasi (halah!).

2 comments:

Anonymous said...

kereen!! :D . semoga saya jg bisa berprestasi juga di masa kuliah saya. btw saya angkatan 2013. :)

Miftah Achyar said...

Hiks..hiks..keren..
Minta doanya mbak supaya saya juga bisa berprestasi..
Salam Politeknik

Post a Comment