Apa sih yang kalian cari dalam hidup?

Wih, judulnya agak serius nih! Hehe.
Berawal dari beberapa hari terakhir, lebih tepatnya beberapa minggu ini sempat terpikirkan untuk berhenti kuliah karena jenuh. Loh? Loh? Loh? Wah! Hehe, ini dikarenakan saya sendiri bosan teramat sangat dengan tugas - tugas, deadline project, kerjaan, dan semua ini belum merupakan tantangan yang besar dalam hidup saya. Entahlah, kalau boleh dibilang saya bosan dengan rutinitas yang begitu - begitu saja setiap harinya. Saya bisa kuliah dengan IP yang alhamdulillah bisa dibilang ndak jelek-jelek amatlah. Saya bisa ngerjain project akhir mata kuliah kalo saya mau disipilin menyesuaikan jadwal. Saya bisa ngerjain kerjaan yang beberapa hari terakhir tidak begitu banyak sebagai sambilan di tengah kuliah. Silakan bilang saya sombong, karena menurut saya justru saya ini merasa sering merasa ga punya kelebihan yang bisa dibanggakan.

Kembali ke judul, apa sih yang kalian cari dalam hidup?
Kalau sudah dapat IP bagus mau ngapain? Salah satu teman saya mengatakan bahwa mendapatkan IP bagus itu pertanggung jawaban kita ke orang tua. Proses mendapatkan IP bagus adalah pertanggung jawaban ke Tuhan. Kemudian kalau boleh saya tambah, wirausaha adalah kontribusi nyata untuk pengabdian masyarakat. Maka dari itu, melakukan rutinitas itu saya penuhi semata - mata untuk pertanggung jawaban saya kelak. Sedangkan kerja sambilan sebagai desainer freelance ini saya anggap sebagai usaha kecil - kecilan yang siapa tahu bisa jadi besar dan memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain nantinya. Sebenarnya, yang menjadi pertanyaan disini adalah, tujuan saya hidup sebenarnya apa sih dengan melakukan semua itu?

Setelah berpikir selama beberapa hari, setelah sharing beberapa hal dengan teman - teman, setelah lebih banyak membaca dan mendengar, setelah memandang segalanya tidak pada satu sisi saja, akhirnya saya sedikit banyak mendapat pencerahan....

Disini saya mencoba berpikir sebagai orang yang bingung mencari tujuan hidup. Pertanyaan yang paling dasar adalah kenapa sih manusia diciptakan? Tujuannya apa? Ternyata kita diciptakan Allah untuk beribadah dan sebagai khalifah di muka bumi. Pasti Anda tahu betul jika Anda muslim, karena hal ini sudah dipelajari sejak di pelajaran agama Islam saat jenjang Sekolah Dasar.

Dari sini saya mulai berpikir kenapa saya sering jenuh yah? Kenapa saya kok mudah bosan dengan rutinitas yang jika dilihat semuanya baik - baik saja dan jauh dari hal - hal yang dilarang Allah? Baru saya sadari bahwa ibadah saya kurang. Sholat wajib sering sekali tidak tepat waktu, sholat sunnah mulai menurun intensitasnya, sedekah juga sering terabaikan belakangan ini, astaghfirullah....
Sekali lagi, saya diciptakan untuk beribadah tapi saya sendiri sangat sangat kurang dan banyak yang perlu diperbaiki lagi dan lagi. Terus belajar dan belajar, melihat berbagai hal dari berbagai sisi pula.

Lalu apa manfaat nyata yang didapatkan dari rutinitas saya yang telah saya keluh-kesahkan di atas?

Saya sering dianggap apatis (istilah ini sedikit sensitif di kalangan mahasiswa sepertinya, hehe). Hal ini dikarenakan saya kurang atau bahkan tidak aktif di organisasi kampus. Saya sering dianggap berorientasi pada nilai kuliah tanpa mempedulikan soft skill dan kehidupan sosial dengan teman - teman yang lain. Saya dianggap terlalu fokus pada hard skill untuk berkompetisi dengan yang lain. Saya sempat berpikir, berarti rutinitas saya ini ga ada manfaatnya dong kalau begitu? Apa yang salah dengan saya? Saya harus bagaimana?

Silakan menganggap jawaban yang akan saya jelaskan ini sebagai pembelaan. Saya sama sekali tidak keberatan karena mungkin dangkalnya pengetahuan yang saya miliki ini dalam menjabarkan pandangan hidup saya. Perlu Anda ketahui, rutinitas yang saya jalani memang sangat - sangat membosankan bagi saya. Ternyata semua rutinitas yang saya jalani itu manfaat dan dampaknya luar biasa. Dengan mendapat IP bagus, saya memberikan kontribusi ke kampus untuk mempertahankan akreditasi yang sudah dinilai baik. Dengan kerja sambilan, saya bisa membantu orang tua untuk sedikit demi sedikit mengurangi uang jajan saya. Ternyata, menghadapi client yang bandel dan nyebelin justru mengasah soft skill  diri saya, dimana tidak saya dapatkan di organisasi karena saya memang tidak mengikuti organisasi.

Merasa mendapat pencerahan....

Ternyata apa yang saya lakukan selama ini tidak sia - sia. Lalu mengapa saya masih bosan dan jenuh? Kembali ke tugas utama manusia, mungkin semua ini karena kurangnya ibadah saya sehingga tanpa sadar saya menjauhkan diri dari kata bersyukur. Mungkin saya kurang mendekatkan diri pada Allah. Mungkin apa yang saya lakukan selama ini tidak sesuai dengan perintah Allah. Apa sih yang saya harapkan dari hidup yang kalau boleh dibilang mungkin cuma 60-80 tahun (artinya sementara, saya pasti mati suatu saat, karena satu - satunya yang kekal adalah Allah)?

Pertama, saya akan berusaha memperbaiki diri untuk lebih taat dengan perintah Allah dan orang tua. Mengapa? Karena ridho-Nya tergantung pada ridho orang tua. Selama hidup, apa sih yang bisa kita beri pada mereka? Bagaimana bisa membahagiakan mereka kalau rutinitas cemen begitu saja mengeluh habis - habisan?

Kedua, sebaik - baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lain. Apa sih yang paling bisa diandalkan pada diri kita? Saya ingin sekali dan berusaha untuk menjadi orang yang bisa diandalkan, bukan menjadi orang yang selalu mengandalkan orang lain.

Ketiga, belajar tiada henti dan melihat segala sesuatunya tidak dari satu sisi saja. Apa sih yang kita dapatkan dari su'udzon terhadap segala hal sepanjang hidup? Jelas merugikan dan banyak membuang waktu.

Terakhir, mengalahkan diri saya sendiri. Jika saya bisa mendapatkan sesuatu hari ini. Maka besok saya harus mendapatkan sesuatu yang lain untuk menambah nilai positif pada sesuatu yang saya miliki sebelumnya.

Tujuan saya menulis ini semua tidak lain hanya untuk mengingatkan diri saya sendiri ketika merasa jenuh, bosan, patah semangat, bingung dengan arah tujuan hidup, lupa dengan-Nya. Semoga bermanfaat, amin.

1 comments:

H2H Token listrik said...

mantap gan informasinya benar2 sangat menarik dan bermanfaat sekali infonya gan..
makasih banyak atas informasinya gan,,
salam kenal dan salam sukses.

Post a Comment